Dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan Belanja Modal khususnya yang terkait dengan kegiatan Pembangunan dan Rehab Gedung Bangunan kantor pada Pengadilan se Indonesia, maka MA-RI menyelenggarakan kegiatan Pembinaan dan Konsultasi persiapan pelaksanaan Pembangunan Gedung kantor Tahun Anggaran 2020.Kegiatan yang terjadwal selama 3 hari terhitung mulai tanggal 30 oktober 2019 s/d 1 Nopember 2019 ini dilaksanakan di Hotel Mercure Convention Center Ancol Jakarta Utara. Dengan hadirnya 113 peserta dalam kegiatan ini yang terdiri dari Sekretaris Pengadilan Tingkat banding sebanyak 67 orang, KPN untuk Satker baru 25 Orang, Sekretaris Pengadilan Tingkat Pertama 57 orang dan PPK sebanyak 64 orang, maka diharapkan akan terbentuk pemahaman yang signifikan terhadap penyelenggaraan belanja modal yang dialokasikan pada TA 2020 ini, sehingga pelaksanaan Belanja modal TA 2020 akan berjalan dengan baik,lancar tanpa kendala.
Guna merekonstruksi pemahaman para peserta, maka dalam pembinaan ini disajikan beberapa materi terdiri dari :
- Kebijakan Alokasi Prioritas Pembangunan Gedung kantor dengan pemateri KARO Perencanaan dan Organisas MA-RI, dan KARO Perlengkapan MA-RI;
- Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah PP No.16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dengan Pemateri dari LKPP;
- Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (RUP) dengan Pemateri dari LKPP;
- Kebijakan LPSE dengan Pemateri dari LKPP;
- Pedoman dan Kebijakan Pembangunan Gedung Kantor dengan Pemateri dari PUPR;
- Pengelolaan dan Pencatatan BMN dengan Pemateri dari DJKN.
Untuk PN Tilamuta sendiri, turut hadir dalam acara ini adalah Sekretaris PN Tilamuta Bapak Juang Samadi, S.Pd bersama Kepala Sub Bagian PTIP Bapak Amran Mohamad, A.Md,SH selaku PPK pada PN Tilamuta. Dan menjadi catatan tersendiri bahwa PN Tilamuta adalah satu-satunya Pengadilan Tingkat Pertama di Gorontalo yang diundang dalam acara ini. Mudah-mudahan dengan keikutsertaan PN Tilamuta dalam acara ini akan membawa angin segar perubahan tata kelola Belanja Modal baik dari segi Identifikasi kebutuhan,perencanaan, Pelaksanaan sampai pada pencatatan.
Sekretaris Pengadilan Negeri Tilamuta bapak Juang Samadi menyatakan bahwa acara ini menjadi sisi baik bagi PN Tilamuta karena disamping berpeluang untuk mendapatkan belanja Modal Peningkatan Sapras Gedung kantor untuk TA 2020, juga akan bisa menambah referensi pemahaman didalam pelaksanaan Anggaran.” Para Pimpinan diMahkamah Agung begitu bersemangat untuk memenuhi segala kebutuhan kita didaerah, akan tetapi semangat yang tinggi itu perlu dibarengi dengan kesungguhan satker di daerah untuk mengikuti semua tahapan dan prosedur yang telah ditentukan, baik itu terkait dengan Perencanaan yang matang disertai data dukung yang lengkap, juga penting untuk ketepatan waktu pengajuan perlu untuk diperhatikan yakni jangan sampai setelah Pagu Indikatif ditetapkan di awal tahun” Sekretaris selaku KPA dan PPK adalah leading Sector didalam Pelaksanaan Anggaran sehingga keikutsertaan kami dalam acara ini sangat strategis nantinya didalam optimalisasi Anggaran di PN Tilamuta tandasnya.